Welcome to Southslam zone

Selamat datang dan selamat membaca..

Jumat, 14 September 2012

Cara Mempercepat Startup


Ada beberapa cara untuk mempercepat start up pada windows XP maupun windows 7, yaitu 
1. Melakukan Defrag harddisk merupakan salah satu langkah untuk merawat Windows karena memang harus dilakukan secara berkala. Defrag harddisk berfungsi untuk menyusun ulang data-data yang terpecah sehingga harddisk bisa bekerja lebih efisien dan lebih cepat dalam mengakses data.
Lakukan defrag pada partisi Windows atau partisi C secara berkala agar akses data untuk sistem bisa lebih cepat sehingga bisa meningkatkan kecepatan startup Windows. Perangkat untuk Defrag harddisk bisa diakses melalui Start Menu Accessories >System Tools Disk Defragmenter.

2. Salah satu penyebab startup Windows terlalu lama adalah ada service atau aplikasi yang berjalan otomatis pada saat startup. Dengan begitu Windows akan menjalankan service dan aplikasi tersebut bersamaan dengan proses startup sehingga jika Anda menonaktifkan service atau aplikasi yang berjalan otomatis tentu bisa mempercepat waktu startup.
Untuk pengaturannya buka Start menu > ketik msconfig pada kotak pencarian > tekan Enter.
Pilih tab Services untuk menentukan service apa saja yang diaktifkan, dan pilih tab Startupuntuk menentukan aplikasi yang berjalan pada saat startup. Pengaturan service juga bisa Anda lakukan melalui control panel all control panel items Administrative tools Services.
Terdapat daftar service yang ada pada Windows baik sedang berjalan atau tidak. Perhatikan bagian startup type, jika Automatic berarti bisa jadi ikut dijalankan pada startup Windows. Anda bisa menonaktifkannya atau merubah startup type menjadi manual. Caranya, klik kanan salah satu service > properties > pillih jenis startup type. Hati-hati dalam melakukan pengaturanservice ini karena siapa tahu yang dinonaktifkan justru yang dibutuhkan sistem. Jika Anda tidak mengetahui fungsi dan tingkat kebutuhannya sebaiknya dibiarkan default saja.

3. Terlalu banyak mengisi desktop dengan aksesories, gadget, dan shortcut itu kurang baik. Hal-hal tersebut bisa memakai resource lebih banyak karena desktop melakukan load items secara berlebihan. Untuk komputer berspesifikasi tinggi itu bukanlah masalah karena resource yang tersedia melimpah. Tapi untuk komputer yang spesifikasinya pas-pasan, optimalisasi waktu startupadalah hal yang cukup penting. Selain pembatasan penggunaan gadget desktop, pasanglah shortcut seperlunya saja karena memenuhi desktop dengan shortcut kebanyakan terlihat kurang rapi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar