Welcome to Southslam zone

Selamat datang dan selamat membaca..

Selasa, 04 September 2012

Peranan IT Dalam Kehidupan Manusia


 Teknologi adalah suatu alat atau sarana yang memudahkan manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi. Sedangkan informasi adalah data mentah yang belum dimasukkan ke dalam suatu pengolahan data. Jadi, secara garis besar teknologi informasi adalah sarana yang memudahkan manusia mengolah data mentah ke dalam suatu sistem. Teknologi Informasi (IT) yang berkembang pada era ini, seperti komputer memliliki peranan besar dalam kehidupan manusia. Jika dulu manusia mengolah data dengan menulis secara manual, maka dengan adanya komputer serta sistem komputasinya manusia jelas terbantu dalam mengolah data. Formula-formula pengurangan, penambahan, perkalian, dan pembagian dapat diakses dalam komputer -contohnya dalam Ms. Excel- meringankan beban manusia dalam mengolah suatu data yang rumit sehingga menghabiskan banyak waktu.
         Selain komputer, telepon dan televisi juga termasuk teknologi informasi yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Telepon yang kini dapat digunakan dengan mudah membuat seseorang yang berada di suatu wilayah dapat menghubungi siapa saja di wilayah lain. Jika dulu manusia masih berkirim surat untuk mengetahui kabar dan bertukar informasi yang tentunya kurang tepat sasaran dan tidak efisien, maka telepon justru sebaliknya. Efisien karena tidak harus menunggu waktu lama untuk menghubungi seseorang, tepat sasaran karena nomor telepon yang dituju akan langsung tersambung dengan penerima.
        Televisi yang kita tonton sehari-hari adalah juga manfaat dari teknologi informasi. Jika dulu hiburan hanya dapat diakses dengan radio, yang memunculkan audio tanpa visual, maka televisi punya keduanya. Kita dapat mendengarkan suara dan melihat gambar yang tengah disiarkan. Namun, televisi tidak terlepas dari perkembangan gelombang transmit. Tanpa adanya gelombang itu, maka tidak akan ada gambar dan suara dalam televisi. 
            Masih banyak peranan lain dari teknologi informasi, namun saya rasa garis besarnya sudah dapat disimpulkan, yakni teknologi informasi tidak merugikan atau menyusahkan, justru memudahkan aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar