Welcome to Southslam zone

Selamat datang dan selamat membaca..

Selasa, 04 September 2012

Penanggulangan Dampak Negatif IT

       Perkembangan teknologi informasi saat ini yang pesat dan bebas membuat siapa saja dapat menggunakannya kapan saja dan dimana saja. Orang dewasa bahkan anak kecil sekalipun dapat mengggunakan teknologi. Handphone yang mulanya bertujuan untuk menghubungkan seseorang dengan orang lain kini perlahan mulai berubah fungsi. Fitur-fitur canggih seperti kamera, music player, internet, bahkan televisi dapat dinikmati dalam sebuah handphone. Orang-orang pada saat ini tidak lagi menggunakan handphone untuk berkomunikasi dengan orang lain, tapi juga menikmati fitur tadi. Internet adalah fitur dalam handphone yang dapat diakses siapa saja, termasuk anak-anak. Saya akan spesifik membahas tentang internet.
         Dampak dari akses internet ke dalam handphone ada dua. Menguntungkan sekaligus merugikan. Menguntungkan karena handphone bersifat fleksibel, untuk para bMusinessman, pengusaha, atau profesi lain yang harus berhubungan dengan dunia luar. Mereka tidak harus membawa PC yang besar dan tentunya repot hanya untuk mengkses internet. Merugikan karena informasi dalam internet sangat beragam. Jika anak-anak kecil sudah diperbolehkan memegang handphone canggih, maka informasi yang sangat beragam ini kecil kemungkinannya untuk bisa mereka saring lagi. Konten yang belum sepantasnya mereka lihat akan dengan mudah terakses, baik sengaja maupun tidak.
        Sebelum hal itu terjadi, maka akan lebih baik jika kita mencegah atau menanggulanginya. Saya membagi menjadi dua bagian, penanggulangan dari dalam dan luar. Penanggulangan dari dalam berasal dari keluarga. Kebijakan yang diterapkan keluarga akan sangat berpengaruh. Misalnya, kebijakan dalam memiliki handphone. Usia saat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) adalah yang paling rawan. Informasi yang mereka terima akan diolah menurut lingkungan mereka, karena belum memiliki prinsip. Jika anak kelas 2 SD saja sudah diperbolehkan memiliki handphone canggih -pengecualian bagi handphone biasa saja- maka mereka akan mencari informasi yang sesuai dengan lingkungan mereka. Syukur jika lingkungan mereka bagus, jika tidak? Selain itu, penanaman nilai dan moral dalam keluarga juga menjadi hal yang penting sebagai filter pertama. Orangtua dituntut untuk mendidik anak mereka untuk melakukan hal tersebut guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
             Penanggulangan dari luar dalam hal ini adalah pemerintah. Peran pemerintah dalam memblokir situs-situs yang tidak pantas sangat diperlukan. Dampak psikologis dari situs tersebut sangat berbahaya. Kasus  pelecehan yang terjadi akhir-akhir ini sudah di luar kewajaran. Ada faktor psikologis dari situs tersebut yang jelas berpengaruh terhadap tindakan mereka. Itulah yang mendorong mereka melakukan tindakan tidak pantas tersebut. Namun, penanggulangan dari dampak negatif di atas tentunya kembali lagi ke diri kita masing-masing. Sudah siapkah kita?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar