Welcome to Southslam zone

Selamat datang dan selamat membaca..

Selasa, 04 September 2012

Produk-produk IT

     Banyak sekali produk teknologi informasi yang belakangan ini muncul. Mulai dari yang biasa saja hingga yang canggih sekalipun. Produk smartphone adalah salah satunya. Smartphone memungkinkan penggunanya melakukan berbagai aktivitas dalam satu alat. Selain untuk menelepon atau mengirim pesan, smartphone juga dapat digunakan sebagai "komputer mini". Fitur-fitur yang terdapat di dalamnya, antara lain media player portable, kamera, Global Positioning System (GPS). Smartphone yang canggih sekarang meliputi fitur touchscreen, yaitu teknologi layar sentuh.
     Operating System dalam produk smartphone yang terkenal diantaranya Google Android, Apple, Blackberry, Windows Phone, dan lain-lain. Android sendiri merupakan perangkat open source dari Google yang terintegrasi dengan Intel, HTC, ARM, Motorola, dan Samsung. Handphone pertama yang menggunakan OS Android adalah HTC Dream yang didistribusi oleh T-Mobile. Android memiliki aplikasi beragam, seperti Google Maps, Kalender, Gmail, dan browser. Android juga mensupport multitasking pada handphone, sehingga penggunanya dapat membuka berbagai macam aplikasi dalam satu waktu. 
         Selain Android, Operating System terkenal lainnya adalah Blackberry. Research In Motion (RIM) merilis Blackberry pada tahun 1999. Pada masanya, Blackberry menjadi pionir dalam industri mobile yang memungkinkan adanya komunikasi melalui email secara real-time, serta perangkat yang terhubung dengan wireless. Perkenalan Blackberry pada Data, Browser, SMS, dan application organizer pada tahun 2002 menempatkannya menjadi sebuah smartphone. Aplikasi Blackberry Messenger yang memungkinkan pengguna berkomunikasi, sharing atau create information menambah kepercayaan pengguna pada perusahaan Kanada tersebut.
         Sebelum dikeluarkannya Android atau Blackberry, ada sebuah mobile operating system yang lebih dulu terkenal, yaitu Symbian. Symbian dirilis pada tahun 1997. Produk Symbian adalah suksesor untuk OS Symbian dan Nokia Series 60. Symbian touchsreen product pertama kali dirilis tahun 2000 pada Ericsson R380 Smartphone dan merupakan produk pertama yang disebut sebagai "smartphone" karena mengkombinasikan PDA dengan mobile phone. Selanjutnya, dirilis Nokia 9210 communicator, lalu Nokia 9500 yang merupakan produk Nokia pertama dengan kamera dan Wi-fi. Namun, Nokia belakangan mengganti OS mereka dengan Windows. Terciptalah suatu produk bernama Nokia Lumina dengan Windows sebagai OSnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar